Jumat, 13 Mei 2016

PERTI ASIA BP 4 ( PERUSAHAAN JASA ) KANTOR PEGADAIAN BLIMBING, MALANG

Profil Narasumber
Nama               : Imam Syafi’i
Jabatan             : Pimpinan Cabang
Lama Bekerja  : 1 tahun di cabang kota Malang,                              2 tahun di Sumenep

Tugas               : Merencanakan program hari ini    dan mengevaluasi program yang    sudah terlaksanahari ini. 




Profil Perusahaan
Gedung Perum Pegadaian cabang Blimbing resmi didirikan pada tanggal 11 April 1994. Pusat Pegadaian ini terletak di Jakarta dan sudah memiliki 6 cabang di daerah Malang (Malang Kota, Blimbing, KotaLama, Telogomas, Rampal, dan Landungsari).
Visi Misi Perusahaan
Visi
Sebagai solusi bisinis terpadu terutama berbasis gadai yang selalu menjadi market leader dan mikro berbasis fidusia selalu menjadi yang terbaik untuk masyarakat menengah kebawah.
Misi
Memberikan pembiayaan yang tercepat, termudah, aman dan selalu memberikan pembinaan terhadap usaha golongan menengah kebawah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Memastikan pemerataan pelayanan dan infrastruktur  yang memberikan kemudahan dan kenyamanan di seluruh Pegadaian dalam mempersiapkan diri menjadi pemain regional dan tetap menjadi pilihan utama masyarakat. Membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah kebawah dan melaksanakan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya perusahaan.

Struktur Organisasi / Diagram Organisasi




Personalia
Sistem perekrutan dalam perusahaan : Perekrutan langsung pada kantor pusat di Jakarta, dan untuk Training sesuai dengan wilayah pelamar kerja.
Pegadaian juga mengadakan produk sahabat untuk merekrut teman karyawan, misal jika karyawan mengajak teman untuk bekerja di pegadaian maka karyawan tersebut akan diberikan hadiah, dan untuk mengetahui karyawan yang mengajak teman untuk bekerja maka akan di cek pada website yang telah disediakan oleh pegadaian.
Keuangan
Sistem Pembayaran
Perusahaan jasa ini memberikan jangka waktu atau jatuh tempo selama 30 hari akan tetapi jika nasabah membayar cicilan 5 hari awal sebelum jatuh tempo maka nasabah akan di berikan bebas bunga
Sistem Keuangan
Pada kantor cabang ini hanya membuat laporan keuangan yang akan disetorkan kepada kantor pusat.
Produk Jasa
1.      Produk Jasa Gadai
2.      Vidusia
3.      Pembiayaan dan Payment
4.      Investasi
5.      Tabungan Emas Batangan
Promosi
1.      Advertising         : Yang Dikoordinir oleh kantor pusat berupa Koran, periklanan Tv Nasional, Koran                                 wilayah, dsb.
2.      Personal Selling  : mencari nasabah untuk investasi, membuka tabungan, dsb

Service
Perusahaan ini memiliki SOP untuk melayani masyarakat, seperti :
Nasabah ke loket penaksir membawa barang jaminan à Penaksir menentukan pinjaman à Nasabah kekasir membawa surat dari penaksir à Kasir mengeluarkan surat untuk mencairkan dana. Dan cairnya pendanaan ini ± 15 menit. Sedangkan vitro  membutuhkan waktu 1-3 hari karena membutuhkan survey dan melihat perkembangan usaha yang dimiliki nasabah.

Jaminan :
Untuk BPKB min 10 – 15 tahun. Jaminan BPKB ini khusus untuk nasabah yang memiliki usaha, sedangkan untuk nasabah yang tidak memiliki usaha maka sebagai jaminan adalah mobil dan juga surat surat lengkap dari mobil tersebut. Beda dengan perhiasan, kamera, laptop, dll. Bunga di pegadaian ini sesuai permintaan masyarkat untuk kalangan mikro paling lama pengkreditan 1 tahun  sedangkan Flexi hanya 15 hari.

Keterlambatan pembayaran :
Apabila nasabah terlambat membayar atau sudah melebihi batas jatuh tempo maka perusahaan akan memberi teguran melalui telp / sms, jika sudah mendapat teguran melalui telp / sms tidak dihiraukan maka perusahaan mengirim surat kepada nasabah untuk menyetujui atau tidak barang jaminan untuk di lelang. Apabila nasabah tidak menyetuji maka akan diberi batas waktu untuk segera membayar cicilan, namun jika nasabah setuju maka barang jaminan akan di lelang dan jika harga dari pelelangan barang melibihi dana pinjaman maka sisanya akan dikembalikan kepada nasabah yang  bersangkutan.

Penyimpanan :
Untuk penyimpanan barang jaminan sudah disimpan pada tempat tertentu yang hanya diketahui oleh pihak pegadaian, dan barang jaminan ini akan diasuransikan.

Price :
Min transaksi sebesar Rp 50.000,-


Segmentasi Pasar
1.      Geografis
Yang menggadaikan atau yang menabung bukan hanya nasabah dari kota melainkan bisa dari kabupaten.
2.      Demografis
Untuk menggadaikan barang pastinya pihak pegadaian melihat pendapatan dari nasabah karena menjadi tolak ukur untuk membayar jaminan yang telah diberikan. Bahkan nasabah yang memiliki usaha dan menggadaikan BPKBjuga disurvey usahanya.
3.      Psikologis
Pegadaian ini untuk kesemua kalangan. Seperti gadai bisa pada kalangan menengah, dan untuk tabungan emas batangan, investasi bisa pada kalangan menengah ke atas.
People
Seragam :
Personalia yang dibawah direksi , vorlaner, HRD / Manajer kantor wilayah memakai seragam yang sama
Jam Kerja 
Personalia        : 7 pagi – 3 sore
Satpam dibagi menjadi 3 shift :
1.      Shift pagi         : 7 pagi – 3 sore
2.      Shift sore         : 3 sore – 11 malam
3.      Shift Malam    : 11 malam – 7 pagi
Personalia        : setiap tanggal merah libur
Satpam             : Liburnya Flexibel
Kepuasan Pelanggan
Untuk mengukur kepuasan pelanggan pegadaian memiliki Call Center.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar